Header Ads

Media BK

Media merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pemberi informasi kepada penerima informasi agar pesan yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik. Sedangkan Media layanan BK adalah segala sesuatu yang dapat digunakan menyalurkan pesan atau informasi dari pembimbing kepada klien atau individu yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sehingga individu akan mengalami perubahan perilaku, sikap dan perbuatan ke arah yang lebih baik.
Berdasarkan sifat, media dibagi menjadi dua yaitu media cetak dan media elektronik. Media cetak dapat diartikan segala barang cetak seperti majalah, brosur, bulletin, dan lainnya. Sedangkan media elektronik seperti televisi, radio, website, dan lainnya.
Media cetak atau non elektronik dapat diartikan segala barang cetak seperti majalah, brosur, bulletin, dan lainnya. Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide, atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan symbol/gambar. Grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat siswa. 

Media grafis ini memiliki kelemahan dan kelebihan. Kelemahan pada media grafis adalah membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya terutama dalam pembuatan media grafis yang komplek dan penyajian pesan hanya berupa visual. Sedangkan kelebihannya adalah dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan, dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa dan pembuatan serta harganya murah.
Bahan cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses pencetakan/printing atau offset. Meda bahan cetak ini menyajikan pesannya melalui huruf dan gambar-gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan. Media dengan bahan cetak ini memiliki kelebihan diantaranya dapat menyajikan pesan atau informasi dalam jumlah banyak, dapat mempercepat pemecahan masalah siswa, pesan atau informasi dapat dipelajari oleh siswa sesuai kebutuhan minat, dan kecepatan masing-masing, dapat dipelajari kapan dan dimana saja karena mudah dibawa, akan lebih menarik apapila dilengkapi dengan gambar dan warna, perbaikan/revisi mudah dilakukan. Kekurangan yang dimiliki media bahan cetak adalah proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama, membosankan dan mematikan minat siswa untuk membaca dan jika bahan tidak baik maka akan cepat rusak.
Gambar diam adalah media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi. Jenis media gambar ini adalah foto. Kelebihan yang dimiliki adalah media ini lebih kongkret, dapat menjadi perbandingan obyek dalam foto dengan objek sebenarnya, pembuatannya mudah dan murah. Sedangkan kelemahan yang dimiliki adalah ukurannya yang terbatas, dapat menimbulkan kesalahan persepsi.
Media elektronik adalah media yang menggunakan elektronik atau energi elektromekanis bagi pengguna akhir untuk mengakses kontennya.Istilah ini merupakan kontras dari media statis (terutama media cetak), yang meskipun sering dihasilkan secara elektronis tapi tidak membutuhkan elektronik untuk diakses oleh pengguna akhir. Sumber media elektronik yang familier bagi pengguna umum antara lain adalah rekaman video, rekaman audio, presentasi multimedia, dan konten daring. Media elektronik dapat berbentuk analog maupun digital, walaupun media baru pada umumnya berbentuk digital.
sumber: https://khairi59.wordpress.com/